Panduan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) 2020 || 2021

Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) 

Download Panduan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) 2020 || 2021


    
    Menteri Pendidikan dan Kebudayaan   telah meresmikan untuk mengganti Ujian Nasional (UN) dengan asesmen kompetensi minimum (AKM) dan survei karakter pad tahun pelajaran 2020/2021 ini. Metode asesmen ini menggunakan metode asesmen Programme for International Student Assessment (PISA) dan Trends in International Mathematics and Science Study (TIMSS). Dalam hal pelaksanaan AKM di tahun 2021 tersebut,  sekolah perlu mempersiapkan siswa untuk dapat mengikuti AKM dengan baik dengan memberikan  sosialisasi, pelatihan dan bimbingan salah satunya melalui pemberian latihan soal-soal kepada siswa.

    Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) merupakan penilaian kompetensi mendasar yang diperlukan oleh semua murid untuk mampu mengembangkan kapasitas diri dan berpartisipasi positif pada masyarakat. Terdapat dua kompetensi mendasar yang diukur AKM, yaitu literasi membaca dan literasi matematika (numerasi). Baik pada literasi membaca maupun numerasi, kompetensi yang dinilai mencakup keterampilan berpikir logis-sistematis, keterampilan bernalar menggunakan konsep dan pengetahuan yang telah dipelajari, serta keterampilan memilah serta mengolah informasi. AKM menyajikan masalah-masalah dengan beragam konteks yang diharapkan mampu diselesaikan oleh murid menggunakan kompetensi literasi membaca dan numerasi yang dimilikinya. AKM dimaksudkan untuk mengukur 
kompetensi secara mendalam, tidak sekedar penguasaan konten.

Tujuan AKM

    Dalam pembelajaran terdapat tiga komponen penting, yaitu kurikulum (apa yang diharapkan akan dicapai), pembelajaran (bagaimana mencapai) dan asesmen (apa yang sudah dicapai). Asesmen dilakukan untuk mendapatkan informasi mengetahui capaian murid terhadap kompetensi yang diharapkan. Asesmen Kompetensi Minimum dirancang untuk menghasilkan informasi yang memicu perbaikan kualitas belajar-mengajar, yang pada gilirannya dapat meningkatkan hasil belajar murid.

    Pelaporan hasil AKM dirancang untuk memberikan informasi mengenai tingkat kompetensi murid. Tingkat kompetensi tersebut dapat dimanfaatkan guru berbagai mata pelajaran untuk menyusun strategi 
pembelajaran yang efektif dan berkualitas sesuai dengan tingkat capaian murid. Dengan demikian “Teaching at the right level” dapat diterapkan. Pembelajaran yang dirancang dengan memperhatikan tingkat capaian murid akan memudahkan murid menguasai konten atau kompetensi yang diharapkan pada suatu mata pelajaran.

Download Panduan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) 2020  2021





0 Response to "Panduan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) 2020 || 2021"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel