Buku Kerja Guru SMK - Buku 1

Daftar Isi Buku Kerja Guru SMK - Buku 1


DAFTAR ISI 
Sampul Muka
Kata Pengantar
Daftar Isi
A. BUKU KERJA 1 
1. Struktur Kurikulum
2. SKL, KI, KD dan SKKNI 
3. Kalender Pendidikan Sekolah
4. Alokasi Waktu 
5. Program Tahunan 
6. Program Semester 
7. Analisis pemetaan KI/KD
8. Silabus 
9. KKM 
10. RPP 

B. BUKU KERJA 2 
1. Kode Etik Guru 
2. Ikrar Guru 
3. Tata Tertib Guru 
4. Pembiasaan Guru 
5. Jurnal Agenda Guru 

C. BUKU KERJA 3 
1. Jadwal Mengajar 
2. Daftar Hadir 
3. Daftar Buku Pegangan Guru dan Peserta didik
4. Penilaian Sikap 
5. Penilaian Pengetahuan
6. Penilaian Keterampilan
7. Analisis Hasil Ulangan 
8. Program pelaksanaan  Perbaikan & Pengayaan
9. Daya Serap Peserta Didik 
10. Kumpulan Instrumen Penilaian (Ujian Tengah Dan Akhir Semester)
11. Analisis Butir Soal (Ujian Tengah Dan Akhir Semester)
12. Perbaikan Soal 
13. Bank Soal

D. BUKU KERJA 4 
1. Daftar Evaluasi Diri Kerja Guru 
2. Program Tindak Lanjut Kerja Guru
3. Pengembangan Diri Guru

KOMPETENSI LULUSAN SATUAN PENDIDIKAN

Standar Kompetensi Lulusan adalah kriteria mengenai kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Standar Kompetensi Lulusan digunakan sebagai acuan utama pengembangan standar isi, standar proses, standar penilaian pendidikan, standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana, standar pengelolaan, dan standar pembiayaan
Standar Kompetensi Lulusan terdiri atas kriteria kualifikasi kemampuan peserta didik yang diharapkan dapat dicapai setelah menyelesaikan masa belajarnya di satuan pendidikan pada jenjang pendidikan dasar dan menengah.
Setiap lulusan satuan pendidikan dasar dan menengah memiliki kompetensi pada  tiga dimensi yaitu sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
SKL, KI, dan KD

A. DIMENSI SIKAP
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap:  
1. beriman  dan bertakwa kepada Tuhan YME,  
2. berkarakter, jujur, dan peduli, 
3. bertanggungjawab,
4. pembelajar sejati sepanjang hayat, dan 
5. sehat jasmani dan rohani sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, kawasan regional, dan internasional.


B. DIMENSI PENGETAHUAN
Memiliki pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks berkenaan dengan:  
1.  ilmu pengetahuan, 
2.  teknologi,  
3.  seni, 
4.  budaya, dan  
5.  humaniora. 
  Mampu mengaitkan pengetahuan di atas dalam konteks diri sendiri, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, serta kawasan regional dan internasional.
Istilah pengetahuan Faktual, Konseptual, Prosedural, dan Metakognitif pada masing-masing satuan pendidikan dijelaskan pada matriks berikut:

Pengetahuan faktual
Pengetahuan teknis dan spesifik, detail dan   kompleks berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya terkait dengan  masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, kawasan regional, dan internasional.

Pengetahuan konseptual
Terminologi/istilah dan klasifikasi, kategori, prinsip, generalisasi, teori,model, dan struktur yang digunakan terkait dengan pengetahuan teknis dan spesifik, detail dan   kompleks berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya terkait dengan  masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara,  kawasan regional, dan internasional.

Pengetahuan prosedural
Pengetahuan tentang cara melakukan sesuatu atau kegiatan yang terkait dengan pengetahuan teknis, spesifik, algoritma, metode, dan kriteria untuk menentukan prosedur yang sesuai  berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya, terkait dengan masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara,  kawasan regional, dan internasional.

Pengetahuan metakognitif  
Pengetahuan tentang kekuatan dan kelemahan diri sendiri dan menggunakannya dalam mempelajari pengetahuan teknis, detail, spesifik,   kompleks, kontekstual dan kondisional berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya terkait dengan masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, kawasan regional, dan internasional


C. DIMENSI KETERAMPILAN
Memiliki keterampilan berpikir dan bertindak: 
1. kreatif, 
2. produktif,  
3. kritis,  
4. mandiri,  
5. kolaboratif, dan 
6. komunikatif 
 melalui pendekatan ilmiah    sebagai pengembangan dari yang dipelajari di satuan pendidikan dan sumber lain secara mandiri

Gradasi untuk dimensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan antar jenjang pendidikan memperhatikan: a. perkembangan psikologis anak; b. lingkup dan kedalaman; c. kesinambungan; d. fungsi satuan pendidikan; dan e. lingkungan.

Untuk mempelajari lebih jelasnya silahkan Download File Buku Kera Guru SMK-Buku 1 Disini

0 Response to "Buku Kerja Guru SMK - Buku 1"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel